HTML DASAR (PART 4) CARA MENJALANKAN FILE HTML

Related Articles

Untuk memudahkan dalam mengakses file, sebaiknya buat sebuah folder “BelajarHTML” di Drive D. Folder ini akan kita jadikan tempat seluruh halaman HTML yang akan dibuat.

Selanjutnya, buka aplikasi Notepad++ , atau aplikasi text editor lainnya, lalu ketik text berikut ini:

1
Selamat Pagi Dunia, Hello World!

Save teks diatas sebagai hello.html pada folder BelajarHTMLSetelah itu jalankan file hello.html kita dengan cara double klik file tersebut, atau klik kanan –> Open With –> Firefox (jika anda menggunakan web browser firefox)

 

Selamat! file HTML kita sudah dapat berjalan, walaupun sebenarnya belum ada satupun kode HTML didalamnya.

Dari percobaan ini kita dapat melihat bahwa setiap halaman HTML harus diakhiri dengan extensi .html. Anda mungkin juga akan menemukan beberapa halaman juga memiliki ekstensi .htm, eksetensi ini digunakan untuk mendukung Windows versi lama yang masih menggunakan ekstensi 3 huruf di belakang sebuah file.

Apa yang kita lakukan disini adalah menjalankan file HTML dari komputer lokal. Perhatikan bagian alamat pada web browser, diawali dengan “file:///” lalu diikuti dengan alamat file HTML yang disimpan dalam komputer, misalnya: “D:/BelajarHTML/hello.html“. Artinya, kita tidak mesti online untuk membuat dan menjalankan file HTML.

Setelah mempelajari cara menjalankan file HTML dari komputer lokal, Pada tutorial selanjutnya, kita akan mulai mempelajari kode-kode HTML, yakni Pengertian tag, elemen, dan atribut dalam HTML.

More on this topic

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Popular stories

How to Make Compliments (in Bahasa)

Hi everyone! What a nice shirt you wear, Febri! Do you know what kind of expression is it?Ya, that’sright,itu ungkapan compliment. Today, we are going...

Trailer Film “Udin Mencari Cinta”

Beberapa film produksi SMKN 1 Sukalarang akhirnya dapat jadwal untuk di tayangkan di bioskop Indicinema Bandung. berikut jadwal penayangan dari kompilasi film Produksi SMKN1...

Produksi Audio Video

Media Televisi/Video merupakan media audio visual (Motion), termasuk jenis media pandang-dengar. Media ini menjadi sangat ampuh menjangkau masyarakat luas manakala disiarkan melalui media televisi, masuk kerumah-rumah...