Teknik Dasar Menggunakan DSLR (2) : Aperture priority

Related Articles

Aperture priority : mode tepat untuk fotografi landscape

 

Apa yang membuat mode aperture priority lebih bermanfaat dibandingkan dengan mode lainnya dalam terutama untuk fotografi landscape? Seperti namanya aperture priority menjadikan aperture sebagai prioritas dimana kita bisa merubah ukurannya dan setting lainnya seperti Shutter speed dan ISO akan mengikutinya secara otomatis untuk mendapatkan pencahayaan yang seimbang. Mode ini juga disebut sebagai mode semi otomatis karena menggabungkan sisi manual dan otomatis sekaligus.

Karena bukaan aperture merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap depth of field maka aperture priority merupakan mode yang paling praktis saat kita memerlukan kontrol lebih terhadap DOF seperti dalam kasus fotografi landscape. Umumnya jika memotret landscape kita menginginkan depth of field selebar mungkin agar seluruh area dalam gambar nampak tajam, mulai dari foreground sampai dengan background sehingga kita akan memerlukan bukaan aperture sempit seperti f/11,f/22 dst.. Dengan mode ini kita akan lebih cepat dan lebih mudah menentukan angka aperture, dan dalam banyak kasus fotografi landscape akan membutuhkan pencahayaan seimbang.

Berlainan dengan fotografi landscape dalam fotografi portrait kita akan sering menggunakan depth of field sempit sehingga subjek nampak fokus dan background akan blur yang berarti kita akan menggunakan bukaan aperture lebar seperti f/4 atau f/2.8, dan lagi lagi mode ini juga sangat bermanfaat dalam banyak kasus fotografi portrait.

Jika kita merubah angka aperture maka angka ini akan tetap dan tidak akan bergeser jika tidak anda rubah secara manual. Bahkan jika kondisi pencahayaan berubah, lain hal dengan shutter speed dimana kondisi pencahayaan berubah maka angka akan berubah menyesuaikan untuk mendapatkan pencahayaan yang seimbang. Mode ini juga baik untuk fotografi jalanan, seperti memotret arsitektur, detail, candid maupun abstrak kontrol terhadap depth of field akan memegang peranan sangat penting.

Setting aperture priority
setting Aperture priority sangat mudah, dalam kamera nikon kita hanya perlu memutar mode menjadi A sedangkan pada kamera canon kita menggunakan mode Av(Aperture Value). Dengan merubah angka aperture kita akan mendapatkan efek yang berbeda-beda dan sangat berpengaruh terutama pada fotografi landscape.

More on this topic

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Popular stories

Hari Pertama Sekolah, Tahun Pelajaran 2019/2020

Hari pertama sekolah dan juga pembukaan MOS siswa, dimulai dengan upacara Bendera, di ikuti 503 siswa/siswi Baru kelas X, XI dan XII...