Ruang Guru

Bagian-bagian Artistik Program Televisi oleh Raden Yulia

Home / Tata Artistik / Bagian-bagian Artistik Program Televisi
Bagian-bagian Artistik Program Televisi
By raden yulia 06.19

Terdapat unsur yang sangat penting dalam sebuah pembuatan program televisi yang berkaitan dengan keindahan tampilan visual dari sebuah program televisi, unsur tersebut dinamakan unsur artistik.Divisi yang bertanggungjawab terhadap hal ini adalah Divisi Tata Artistik.

Pengertian Tata Artistik
Tata adalah aturan, artistik adalah keindahan.
Sehingga tata artistik adalah salah satu unsur penting dalam program televisi yang berkaitan dengan aturan keindahan.

Behind The Scene Ok Jek Net.TV

Apa saja yang menurut kamu membuat program okjek ini enak dan indah untuk dilihat?

Pemain, ruangan, kostum, tata rias ? semuanya terasa menyatu sehingga membuat kita betah untuk melihatnya bukan? Nah itulah yang dinamakan unsur artistik dari sebuah program televisi.
Kita rinci lebih detail yuk, apa saja yang menjadi bagian dalam artistik sebuah program TV. Kita lihat ilustrasi berikut ini!

Bagian Tata Artistik

1. Set/Television scenary 
Struktur yang dibuat non permanen yang sifatnya sementara yang digunakan dalam produksi program TV. (Trans TV).
Penuangan ide artistik secara real yang didapat dari penjabaran suatu konsep background. Background ini merupakan pendukung dari area shooting. Pekerja yang terlibat dalam pembuatan set disebut set builder.

Video proses pembuatan set

2. Properti
Herbert Zettl dalam Camera Television Production Handbook (2003 : 375) pengertian properti adalah : Berbagai macam perabot juga barang yang tergantung pada dinding yang akan membentuk suasana tertentu dari sebuah ruangan selain dari dindingnya itu sendiri

Bayu Widagdo, pengertian Production Property adalah segala barang dan perangkat kerja untuk keperluan produksi pembuatan film. Production property ini merupakan logistik produksi termasuk di dalamnya yaitu icon-icon kecil yang perlu di fikirkan secara cermat, tidak bisa diabaikan begitu saja

RM. Soenarto, properti adalah berbagai perlengkapan untuk mengisi bangunan set seperti meja, kursi, hiasan dinding, meja kerja, foto keluarga, dll. Catatan untuk pemilihan properti adalah properti harus sesuai dengan suasana, tingkat sosial dan penyesuaian seperti yang tercantum dalam naskah

Pekerja yang terlibat dalam pengerjaan dan penataan properti disebut property man.

3. Tata Cahaya
Tata cahaya sangat berkaitan dengan tata panggung/set. Tanpa adanya penataan cahaya, panggung yang sudah ditata berikut properti tidak akan bisa dinikmati penonton. Program-program televisi tertentu, bahkan menjadikan pencahayaan tidak sekedar menerangi panggung/set namun ditata sedemikian rupa sehingga menampilkan efek mewah dan gebyar misalnya di program perayaan ulang tahun atau music show.Tata cahaya sangat berkaitan erat dengan pekerjaan dari divisi videografi.

4. Greenary
Greenary atau nama lainnya adalah penghijauan.Tema-tema acara tertentu memerlukan sejumlah tanaman untuk menghias set/panggung. Tanaman ini dapat berbentuk tanaman asli dapat juga tiruan. Berikut contoh tata panggung yang memanfaatkan sejumlah tanaman:

5. Kostum Pemain
Tata Busana adalah seni pakaian dan segala perlengkapan yang menyertai untuk menggambarkan tokoh. (Buku Seni Teater)

Gerald Millerson menuliskan dalam bukunya Television Production Handbook, bahwa dalam produksi televisi yang sederhana anda tidak membutuhkan kostum, namun jika anda terlibat dalam sebuah produksi komersial yang melibatkan aktor, anda bisa menyewa atau meminjam ke sekolah teater atau departemen artisitk yang biasanya memiliki stok pakaian yang dapat dipinjam.

Aturan mengenai warna dan motif juga harus diperhatikan. Keseluruhan desain warna harus seimbang antara pewarnaan dari set, kostum dan make up dan penting khususnya dalam tayangan televisi yang menampilkan acara musik ataupun variety di mana long shot lebih banyak digunakan dari total scene, yang biasanya akan memperlihatkan aktor, penari, set dan properti.

6. Tata Rias
Seni mengubah penampilan wajah menjadi lebih sempurna. Alasan penggunaan tata rias:
1. Meningkatkan penampilan

 

Penggunaan lipstik untuk meningkatkan penampilan (Sumber:http://www.keywordsking.com)

2. Mengoreksi/memperbaiki penampilan


Contoh riasan memperbaiki tampilan wajah.
Sumber gambar: http://www.huffingtonpost.co.uk/

3..Mengubah penampilan

Contoh riasan mengubah penampilan

Secara umum, tata rias digunakan sehari-hari oleh wanita untuk memberikan aksen dan memperbaiki penampilan. Tata rias juga dapat digunakan untuk perbaikan seperti memperlebar mata yang sipit dan pelengkungan dagu ataupun memperbaiki hidung yang pendek , atau perbaikan lain yang sifatnya minor. Jika seseorang memerankan tokoh yang spesifik, perubahan yang lengkap dari penampilan akan sangat diperlukan. Perubahan yang dramatis dari usia, suku, karakter dapat diselesaikan melalui teknik tata rias yang kreatif.

7. Dekorasi dan pewarnaan
Dekorasi dan pewarnaan merupakan bagian artistik yang melengkapi tata panggung/set. Dekorasi dan pewaraan disesuaikan dengan tema set dan properti yang digunakan. Dekorasi dan pewarnaan ini dapat dikerjakan oleh set builder, propertyman tergantung dari jenis dekorasinya atapun oleh painter jika hanya pewarnaan.


8. Flooring Cloth
Flooring cloth adalah dekorasi lantai yang merupakan bagian dari penatan set/panggung. Lantai dari setiap set dapat ditata dengan memanfaatkan cat, karpet, stiker, dsb.


Dekorasi lantai berupa polet biru dan Merah pada Set Sarah Sechan.

sumber: http://radenyuliar.blogspot.co.id/2017/01/bagian-bagian-artistik-program-televisi.html?m=1

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker