How to Write Service Offer Letter

0
40

Kompetensi Dasar
3.27. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan penawaran jasa, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan May I help you? What can I do for you? What if…?”
4.27. Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan penawaran jasa,
serta menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.

How to Write Service Offer Letter

Kita telah mempelajari materi offering dari mulai cara bagaimana mengungkapkan offering, menerima serta menolaknya, dan pekan lalu kalian mempraktikan offering dialogue (speaking practice) yang kalian rekam kemudian kalian unggah di kanal Youtube kalian masing-masing.


Oke sebelum masuk pada materi, saya ingin mengingatkan kembali fungsi sosial dari ungkapan offering yang kalian pelajari. Fungsi sosial ungkapan offering adalah untuk menawarkan bantuan atau sesuatu (bisa berupa benda atau jasa) kepada orang lain. Fungsi sosial ini berlaku di keadaan apapun termasuk di bidang bisnis.
Di bidang bisnis, penawaran suatu produk dan jasa kepada konsumen adalah bagian dari usaha perusahaan untuk menghasilkan transaksi penjualan (closing sale). Penawaran (offering) tersebut dapat berbentuk verbal ataupun tulisan. Untuk penawaran secara verbal itu sama halnya dengan apa yang telah kalian praktikan (speaking practice dialogue) di materi sebelumnya.


Sedangkan penawaran secara tertulis itu bisa dalam bentuk surat (letter) yang dikirim lewat email. Kali ini kita akan fokus mempelajari bagaimana menulis sebuah surat tawaran jasa atau yang dikenal service offer letter kepada konsumen.
Kalian sebagai siswa kejuruan tentu dipersiapkan untuk siap terjun langsung bekerja setelah lulus sekolah. Jika kalian diposisikan sebagai marketer untuk menawarkan produk atau jasa kepada konsumen, kalian harus menguasai cara menulis surat menawarkan jasa kepada konsumen dalam Bahasa Inggris yang baik dan benar.
Ada banyak format service offer letter, untuk itu disini saya akan berikan contoh yang mudah diingat sekaligus efektif untuk promosi. Ketika kalian akan membuat service offer letter ingat akronim ”HOPPP.” HOPPP itu kepanjangan dari Headline, Offer, Proof, Persuade to Action, and P.S.

Selanjutnya, silahkan simak video How to Write a Service Offer Letter (Sales Letter) to Customer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here