Ruang Guru

Belajar Adobe Photoshop

Cara Membuat Dokumen Baru Pada Photoshop

Pada photoshop, sangatlah mudah untuk membuat dokumen baru. yang terpenting dalam tutorial ini adalah mengerti fungsi dari item-item pengaturan yang ada. bagi yang ingin terus melanjutkan pelajaran photoshop, ke tahap selanjutnya silahkan de daftar.

Langkah 1

Buka Aplikasi Photoshop. Kemudian Pergi ke Menu File – New. setelah itu akan muncul pengaturan untuk membuat lembar kerja baru ( dokumen baru ). cara cepatnya, tekanCTRL N.
  1. Name = nama dokumen kita.
  2. Preset = Pilihan untuk ukuran kertas yang sudah disetting oleh photoshop. didalamnya sudah ada ukuran kertas A4, A3, Letter dsb. kalau sobat mau mengatur ukuran sendiri, maka pilih Custom.
  3. Width ( lebar ) dan Heigth ( tinggi ) = adalah ukuran lembar kerja dihitung dengan rumus Panjag x Lebar. disampingnya adalah satuan ukuran, sobat bisa menggunakan selain pixels, seperti centimeter, milimeter,inchi dsb.
  4. Resolution adalah kualitas gambar yang akan dihasilkan. standarnya adalah 300 DPI ( dot per inchi ). semakin tinggi nilai resolusi maka akan semakin halus gambar yang dihasilkan. lebih jelasnya baca istilah desain grafis.
  5. Color Mode adalah pengaturan warna yang akan dipakai. yang paling sering dipakai adalah RGB. namun jika sobat membuat desain untuk di print sebaiknya pakai CMYK karena semua jenis print menggunakan pengaturan CMYK.
  6. Background Content = Warna dari lembar kerja. ada tiga pilihan yaitu White ( putih ), Black ( hitam) dan Transparent ( transparan ).
  7. Klik Ok untuk memulai pekerjaan desain.

Langkah 2

Penampakan ketika sudah membuat dokumen baru adalah seperti dibawah ini. sobat langsung dibawa ke workspace photoshop. waktunya untuk membuat desain.

Langkah 3

Jika ingin mengedit lebih dari satu lembar kerja di photoshop. maka sobat akan mendapatkan kejadian seperti ini.
Setiap lembar kerja akan memiliki tempat masing-masing. kita bisa melihat namanya dibagian atas workspace photoshop. untuk membukanya cukup klik nama dokumen.
Kejadian lain adalah, minimize dokumen pekerjaan pada photoshop. lihat gambar. teknik bekerja seperti digunakan jika kedua dokumen saling berhubungan atau dokumen lain dijadikan referensi, jadi lebih mudah untuk dilihat.
Untuk melakukannya, cukuk Klik naman dokumen – lalu tarik kebawah.
Makan tampilannya akan seperti dibawah ini. sedangkan untuk membuat keadaan kembali seperti semula, klik dan geser kembali ke tempatnya.
Kurang lebih seperti itulah tata cara membuat dokumen baru di photoshop. intinya adalah, sobat harus mengetahui ukuran dari desain, sampai dimana kualitas yang akan dihasilkan, trakhir sesuaikan dengan kemampuan komputer. soalnya, semakin besar ukuran gambar dan resolusinya maka akan semakin banyak memakan RAM komputer. bisa-bisa malah lambat dan Error.

Fungsi Dan Cara Menggunakan Layer Photoshop

Assalamualaikum. pada pertemuan ini, grafis-media akan memberikan tutorial dasar photoshop. sangat cocok untuk pemula yang baru memulai belajar photoshop. adapun tema tutorialnya “Fungsi dan Cara menggunakan layer photoshop“. sobat akan mengerti fungsi pada tiap fitur yang ada pada layer panel. kemudian diarahkan menuju latihannya supaya lebih faham lagi penerapannya. karena setiap icon yang ada pada layer panel, memiliki fungsi masing masing.
Secara umum, layer adalah element yang berfungsi membedakan dengan elemen lainnya pada aplikasi photoshop. dengan adanya layer, gambar tidak akan berpadu melainkan terpisah namun tetap terlihat menyatu. setiap gambar yang dimasukkan ke photoshop, pasti akan membentuk layer baru dengan sendirinya. kita juga bisa memberikan pengaturan terhadap layer tersebut untuk menghasilkan efek tertentu.

Fungsi Dan Cara Menggunakan Layer Photoshop

Dalam aplikasi photoshop, letak layer berada pada Layer Panel. Layer panel adalah kotak dimana terdapat beberapa icon untuk mengatur layer didalamnya. dibawah ini, saya sudah memberikan nomor pada tiap fitur dalam layer panel. silahkan lihat fungsi masing masing fitur pada layer panel tersebut serta cara menggunakannya.

Sebelum memulai, sobat harus tahu dulu cara menampilkan layer panel photoshop. pergi ke menu Windows – Layers. atau bisa tekan F7.

fungsi layer photoshop
Bagian bagian Layer Photoshop
1. Kind berfungsi untuk mencari layer sesuai kategori. contohnya ketika kita memiliki layer yang banyak pada pekerjaan. maka denga menggunakan Kind sobat bisa mencari layer secara spesifik misalnya mencari layer dari nama,effect, dll.
2. Blending Layer berfungsi untuk memberikan efek pencampuran pada layer satu dengan lainnya. misalnya ketika sobat memiliki dua layer, coba berikan blend Multiply pada layer paling atas, pasti kedua layer tersebut akan terlihat menyatu. Blend Layer memiliki beberapa pilihan yang masing masing punya cirikhas.
3. Lock Layer berfungsi untuk mengunci layer. terdapat 4 kategori yaitu, Lock transparent pixel, Lock pixel, Lock Position dan Lock all. masing masing memiliki fungsi. contohnya Lock position berguna mengunci layer agar tidak bisa bergerak.
Lock layer memang sangat berguna pada saat tertentu. sehingga proses pekerjaan lebih terstruktur dan bagian layer lainnya tidak terganggu.

4. Visibility fungsinya untuk membuat layer terlihat dan tidak terlihat. cukup klik di ikon mata tersebut.

5. Opacity berfungsi untuk membuat layer terlihat transparan. semakin kecil nilai persennya maka semakin transparan gambar yang ada, kalau sudah 0% berarti gambar tidak terlihat lagi.

6. Fill fungsinya sama dengan Opacity. namun ketika sobat menggunakan layer style / blending options, maka berapapun nilai Fill yang diberikan tidak akan berdampak pada gambar. contohnya memberikan Drop Shadow pada layer. lalu kurangi Fill nya. pasti efek Drop shadow tidak terganggu.

7. Adjustment Layer berfungsi untuk mengatur kualitas warna pada gambar. kita bisa memilih adjusment mana yang di inginkan. untuk menggunakannya, klik icon pada nomor 13.

8. Layer Smart Object berfungsi agar ketika memberikan efek pada layer gambar utama tidak terganggu, namun efek tetap terlihat. kita juga bisa memberikan beberapa efek secara bersamaan dan bisa mengatur ulang efek tersebut. saya sudah kupas tuntas tentang materi ini pada pertemuan sebelumnya.

9. Layer, ini adalah bentuk dari layer secara umum. sementara gambar kotak tersebut disebut Layer Thumbnail. gambaran kecil terhadap layer. layer thumbnail juga ada fungsinya, yaitu kita bisa seleksi layer secara mudah. coba tahan CTRL lalu klik layer thumbnail, maka layer akan terseleksi secara keseluruhan.  Coba ikuti tutorial “cara membuat efek tulisan unik di photoshop” disana terdapat trik menggunakan layer thumbnail untuk menyeleksi.

10. Layer Background – ketika membuat foto pertama pada photoshop, pasti nama layer kita otomatis menjadi Background dan modenya terkunci.

11. Add Layer Style – Untuk menambahkan efek pada layer. mulai dari Stroke,inner shadow, dll. alternatifnya adalah dengan klik kanan pada layer kemudian pilih Blending Options. untuk latihan menggunakannya, lihat tutorial “cara membuat tombol di photoshop“. sobat akan melihat fungsi sebenarnya dari layer style.

12. Add Layer Mask berfungsi untuk menambahkan layer mask pada layer utama. untuk lebih mengetahui fungsi layer mask, silahkan lihat tutorial “teknik masking photoshop“.

13. Add Fill & Adjusment Layer – pilihan untuk menambahkan adjusment layer. setelah terpilih maka bentuknya akan seperti nomor 7.

14. Create New Group berfungsi untuk membuat layer menjadi satu grup. kita bisa menyatukan beberapa layer sekaligus dalam satu grup. grup sangat baik diterapkan jika layer sudah terlalu banyak. misalnya membuat brosur, pada bagian atas kita memiliki 7 layer dengan gambar berbeda. maka gabungkan saja semuanya dan beri nama “bagian atas”. perintah keyboard membuat grup adalah Ctrl + G, sementara untuk membuat grup menjadi pecah “Ctrl + Shift + G”.

15. New Layer untuk membuat layer kosong baru. cara cepatnya adalah dengan menekan Crtl + Shift + N. layer akan muncul diatas layer sebelumnya. kalau ingin layer muncul dibawah maka tahan Ctrl lalu klik icon layer tersebut.
16. Delete Layer berfungsi untuk menghapus layer yang di inginkan. tinggal pilih layer kemudian klik Icon Tong Sampah tersebut. atau bisa juga, drag layer ke icon tersebut.
17. Layer Mask, kalau di nomor 12 kita sudah pilih. maka bentuk dari layer mask itu sendiri seperti ini.  akan tampil layer disamping layer utama. fungsi layer mask adalah menyembunyikan bagian gambar tertentu dengan sistem hitam putih.

18. Indicate Layer Effect – ketika sudah menambahkan efek pada layer. maka icon ini akan tampil dibagian kanan. untuk menambahkannya cukup klik nomor 11 dan pilih mana yang mau digunakan.

Fitur lain pada layer yang terlihat ketika kita klik kanan yaitu Clipping Mask. fungsi layer clipping mask adalah untuk membuat bentuk layer dibawah mengikuti layer diatas. latihannya lihat “cara membuat efek coretan wajah di photoshop“. sobat akan diajar membuat bentuk wajah mengikuti bentuk coretan.

    Seperti itulah Fungsi dan cara menggunakan layer photoshop. masing masing memilki kelebihan untuk mengatur layer. kalau mau mahir photoshop maka langkah awal memang harus menguasai penggunaan layer karena disinilah keutamaan dalam editing foto menggunakan photoshop.

Cara Praktis Mengganti Background Foto Dengan Photoshop

Edit Background Foto – Assalamualaikum. jumpa lagi diblog tutorial photoshop. pertemuan hari ini, kita akan belajar “Cara Praktis Mengganti Background Foto Dengan Photoshop“, didalamnya akan diajarkan teknik seleksi background dan mengganti backgroung foto menjadi lebih menarik. caranya pun mudah dan hanya memerlukan beberapa menit. silahkan pelajari baik-baik.
Sebenarnya ada banyak cara untuk mengganti background foto, namun kali ini saya berikan cara paling mudah edit background foto dengan photoshop. adapun tool utama yang digunakan adalah Polygon Lasso Tool. alat seleksi objek pada photoshop. dengan tool ini kita bisa menentukan bagian background yang akan di hapus atau di hilangkan.
Agar sobat lebih semangat, maka saya membuat tutorialnya menjadi menarik. yaitu membuat background foto luar angkasa. siapa tahu, imajinasi kalian bisa lebih terbuka lagi. soalnya kalau sudah mahir edit background foto, pasti bisa memanipulasi foto apapun.

Inilah hasil dari tutorial mengganti background dengan foto luar angkasa.

edit foto diluar angkasa
Okelah kalau begitu, waktunya untuk memulai pelajaran. simak baik-baik setiap proses pengerjaannya. semoga berhasil.

Cara Edit Background Foto Di Photoshop

Pada tutorial ini, saya akan mengubah background pada foto menjadi berbeda. awalnya adalah background pemandangan, yang di ganti menjadi luar angkasa. jadi seolah-olah orang yang ada pada foto sedang berlayar keluar dari bumi.

Langkah 1

Buka foto yang akan diganti backgroundnya di photoshop. disini saya menggunakan foto sendiri. lokasi foto berada dibagian teluk Kota Kendari – Pulau Bungkutoko.

Langkah 2

Gunakan Polygon Lasso Tool (L) untuk seleksi bagian foto yang tidak ingin dibuang. pada gambar dibawah yang terseleksi hanyalah orang dan tempat duduknya. jadi yang akan diganti gambar latarnya adalah laut.
Jika sudah selesai menyeleksi, tekan CTRL J (duplicate layer). maka akan tercipta layer baru hasil duplikat tersebut.
edit background
Inilah gambar ketika selesai menghilangkan background dibelakang objek. sebenarnya, masih ada tool lain yang bisa digunakan untuk edit background foto. misalnya magic wand tool, path, dan marquee tool. pakailah sesuai kebutuhan, karena semua alat photoshop tersebut memiliki kelebihan tersendiri.
mengganti backgrond foto

Langkah 3

Sekarang waktunya menambahkan background baru kedalam foto. masukkan background sesuai selera masing-masing. disini saya menggunakan background bumi, jadi seolah Bapak tersebut sedang menatap bumi dari luar angkasa.
Untuk urutan layernya bisa dilihat dibawah. tempatkan layer hasil duplikat paling atas dan background dibawahnya. sementara foto aslinya tidak diperlihatkan.
Nah bagaimana sobat, sampai disini kita sudah berhasil edit background foto menjadi luar angkasa. saya rasa itu sudah cukup menjelaskan bagaimana cara mengganti background foto. supaya lebih menarik, kita bisa memberikan efek lain seperti efek Lens flare dll.

Fungsi Dan Cara Menggunakan Layer Photoshop

Assalamualaikum. pada pertemuan ini, grafis-media akan memberikan tutorial dasar photoshop. sangat cocok untuk pemula yang baru memulai belajar photoshop. adapun tema tutorialnya “Fungsi dan Cara menggunakan layer photoshop“. sobat akan mengerti fungsi pada tiap fitur yang ada pada layer panel. kemudian diarahkan menuju latihannya supaya lebih faham lagi penerapannya. karena setiap icon yang ada pada layer panel, memiliki fungsi masing masing.
Secara umum, layer adalah element yang berfungsi membedakan dengan elemen lainnya pada aplikasi photoshop. dengan adanya layer, gambar tidak akan berpadu melainkan terpisah namun tetap terlihat menyatu. setiap gambar yang dimasukkan ke photoshop, pasti akan membentuk layer baru dengan sendirinya. kita juga bisa memberikan pengaturan terhadap layer tersebut untuk menghasilkan efek tertentu.

Fungsi Dan Cara Menggunakan Layer Photoshop

Dalam aplikasi photoshop, letak layer berada pada Layer Panel. Layer panel adalah kotak dimana terdapat beberapa icon untuk mengatur layer didalamnya. dibawah ini, saya sudah memberikan nomor pada tiap fitur dalam layer panel. silahkan lihat fungsi masing masing fitur pada layer panel tersebut serta cara menggunakannya.

Sebelum memulai, sobat harus tahu dulu cara menampilkan layer panel photoshop. pergi ke menu Windows – Layers. atau bisa tekan F7.

fungsi layer photoshop
Bagian bagian Layer Photoshop
1. Kind berfungsi untuk mencari layer sesuai kategori. contohnya ketika kita memiliki layer yang banyak pada pekerjaan. maka denga menggunakan Kind sobat bisa mencari layer secara spesifik misalnya mencari layer dari nama,effect, dll.
2. Blending Layer berfungsi untuk memberikan efek pencampuran pada layer satu dengan lainnya. misalnya ketika sobat memiliki dua layer, coba berikan blend Multiply pada layer paling atas, pasti kedua layer tersebut akan terlihat menyatu. Blend Layer memiliki beberapa pilihan yang masing masing punya cirikhas.
3. Lock Layer berfungsi untuk mengunci layer. terdapat 4 kategori yaitu, Lock transparent pixel, Lock pixel, Lock Position dan Lock all. masing masing memiliki fungsi. contohnya Lock position berguna mengunci layer agar tidak bisa bergerak.
Lock layer memang sangat berguna pada saat tertentu. sehingga proses pekerjaan lebih terstruktur dan bagian layer lainnya tidak terganggu.

4. Visibility fungsinya untuk membuat layer terlihat dan tidak terlihat. cukup klik di ikon mata tersebut.

5. Opacity berfungsi untuk membuat layer terlihat transparan. semakin kecil nilai persennya maka semakin transparan gambar yang ada, kalau sudah 0% berarti gambar tidak terlihat lagi.

6. Fill fungsinya sama dengan Opacity. namun ketika sobat menggunakan layer style / blending options, maka berapapun nilai Fill yang diberikan tidak akan berdampak pada gambar. contohnya memberikan Drop Shadow pada layer. lalu kurangi Fill nya. pasti efek Drop shadow tidak terganggu.

7. Adjustment Layer berfungsi untuk mengatur kualitas warna pada gambar. kita bisa memilih adjusment mana yang di inginkan. untuk menggunakannya, klik icon pada nomor 13.

8. Layer Smart Object berfungsi agar ketika memberikan efek pada layer gambar utama tidak terganggu, namun efek tetap terlihat. kita juga bisa memberikan beberapa efek secara bersamaan dan bisa mengatur ulang efek tersebut. saya sudah kupas tuntas tentang materi ini pada pertemuan sebelumnya.

9. Layer, ini adalah bentuk dari layer secara umum. sementara gambar kotak tersebut disebut Layer Thumbnail. gambaran kecil terhadap layer. layer thumbnail juga ada fungsinya, yaitu kita bisa seleksi layer secara mudah. coba tahan CTRL lalu klik layer thumbnail, maka layer akan terseleksi secara keseluruhan.  Coba ikuti tutorial “cara membuat efek tulisan unik di photoshop” disana terdapat trik menggunakan layer thumbnail untuk menyeleksi.

10. Layer Background – ketika membuat foto pertama pada photoshop, pasti nama layer kita otomatis menjadi Background dan modenya terkunci.

11. Add Layer Style – Untuk menambahkan efek pada layer. mulai dari Stroke,inner shadow, dll. alternatifnya adalah dengan klik kanan pada layer kemudian pilih Blending Options. untuk latihan menggunakannya, lihat tutorial “cara membuat tombol di photoshop“. sobat akan melihat fungsi sebenarnya dari layer style.

12. Add Layer Mask berfungsi untuk menambahkan layer mask pada layer utama. untuk lebih mengetahui fungsi layer mask, silahkan lihat tutorial “teknik masking photoshop“.

13. Add Fill & Adjusment Layer – pilihan untuk menambahkan adjusment layer. setelah terpilih maka bentuknya akan seperti nomor 7.

14. Create New Group berfungsi untuk membuat layer menjadi satu grup. kita bisa menyatukan beberapa layer sekaligus dalam satu grup. grup sangat baik diterapkan jika layer sudah terlalu banyak. misalnya membuat brosur, pada bagian atas kita memiliki 7 layer dengan gambar berbeda. maka gabungkan saja semuanya dan beri nama “bagian atas”. perintah keyboard membuat grup adalah Ctrl + G, sementara untuk membuat grup menjadi pecah “Ctrl + Shift + G”.

15. New Layer untuk membuat layer kosong baru. cara cepatnya adalah dengan menekan Crtl + Shift + N. layer akan muncul diatas layer sebelumnya. kalau ingin layer muncul dibawah maka tahan Ctrl lalu klik icon layer tersebut.
16. Delete Layer berfungsi untuk menghapus layer yang di inginkan. tinggal pilih layer kemudian klik Icon Tong Sampah tersebut. atau bisa juga, drag layer ke icon tersebut.
17. Layer Mask, kalau di nomor 12 kita sudah pilih. maka bentuk dari layer mask itu sendiri seperti ini.  akan tampil layer disamping layer utama. fungsi layer mask adalah menyembunyikan bagian gambar tertentu dengan sistem hitam putih.

18. Indicate Layer Effect – ketika sudah menambahkan efek pada layer. maka icon ini akan tampil dibagian kanan. untuk menambahkannya cukup klik nomor 11 dan pilih mana yang mau digunakan.

Cara Menggunakan Gradient Photoshop

Dalam aplikasi photoshop, terdapat beberapa tool dasar yang memiliki fungsi dan kelebihan masing – masing. salah satunya adalah gradient photoshop. gradient memiliki fungsi yang penting pada photoshop. sobat bisa menggunakan gradient sebagai dasar membentuk background, memberikan efek pada foto, membuat pencahayaan, membuat degradasi warna pada foto dan masih banyak lagi. nah untuk kesempatan ini, saya akan mengajarkan kepada sobat cara menggunakan gradient photoshop, agar bisa mengerti fungsi dan cara membuatnya di photoshop.

Menurut pengalaman saya, dalam dunia desain grafis gradient adalah bentuk warna yang tersusun dari terang ke gelap. ini dapat dibuktikan pada gambar dibawah. bentuk dari gradient merupakan arti dari perubahan warna dari padat ke tipis, sehingga warna asalnya akan memudar.

Bentuk gradient pada photoshop

Cara Menggunakan Gradient Photoshop

Sebelum latihan menggunakan gradient photoshop. sobat harus tahu dulu beberapa bentuk dari gradient yang ada. semua bentuk gradient ini juga memiliki karakteristik sendiri dan fungsi masing masing.

Bentuk Gradient Photoshop

Gradient photoshop terbagi menjadi 5 bentuk. diantaranya :

  1. Linear gradient, terbentuk dari 2  warna yang tersusun secara horizontal maupun vertical
  2. Radial gradient, memiliki bentuk melingkar atau terpusat. degradasi warna terbentuk sehingga memiliki titik pusat.
  3. Angle gradient, degradasi warna yang terbentuk dari derajat yang ditentukan. pada gambar nomor 3
  4. Reflected gradient, terbentuk dari 3 warna atau lebih. gradient ini biasanya dipakai untuk memberikan efek pencahayaan pada metal maupun logam.
  5. Diamond gradient, degradasi warna membentuk seperti berlian. bisa juga dikatakan bentuknya seperti layang – layang namun warna didalamnya tidak solid, melainkan terdapat degradasi.

Contoh cara membuat gradient.

Bukalah photoshop. lalu buat lembar kerja baru ( CTRL N ). gunakan ukuran 1200×800 pixels. ok. kemdudian aktifkan Gradient tool ( G ) atau klik icon gradient di toolbox sebelah kiri photoshop.

Disaat pertama photoshop terbuka, warna dasar Gradient pasti akan hitam putih, itu berasal dari Foreground dan Background ( 2 warna dibagian bawah toolbox ).
Sekarang mulailah menarik garis gradientnya dari kiri ke kanan. hingga membentuk seperti gambar dibawah.

Mengatur Gradient Editor

Untuk mengatur warna pada gradient photoshop, sobat bisa gunakan gradient editor. untuk membukanya, klik pada pengaturan warna gradient disamping kiri nomor satu.

Maka Gradient editor akan terbuka. dalam editor ini terdapat beberapa pilihan sesuai fungsinya masing – masing.

Presets disini sebagai tempat mengambil pengaturan warna gradient yang sudah ada. silahkan klik salah satu dari pilihannya. disini saya memilih warna seperti pelangi ( gambar B ).

Sekarang coblah sobat klik ok. lalu mulai menarik garis gradient pada lembar kerja. maka hasil degradasi warnanya akan terlihat sesuai warna yang kita pilih sebelumnya,

Untuk membuat susunan warna gradient sendiri, silahkan lihat dibagian bawah gradient editor. disitu ada tombol seperti atap rumah ( pick color ). klik disitu kemdian lihat Color – klik Color – maka cari warna merah – kemudian ok. maka sekarang, gradient kita sudah menjadi merah ke putih.


Menambah susunan warna gradient. pada bagian warna gadient, dekatkan kursor hingga membentuk tanda “tangan” kemudian klik. maka icon pick color akan tampil. kemudian ganti warnanya sesuai selera sobat. kalau mau membuat gradient yang full color, silahkan tambahkan banyak warna.

Mengatur transparansi gradient. kita juga bisa mengatur gradient menjadi transparant sesuai warna yang dipilih. caranya klik icon pick color yang ada dibagian atas. lalu Opacity-nya kurangi, jika mencapai Nol (0) maka warna yang ada dibawah icon ini akan transparant.
dibawah, saya mencoba mengurangi opacity pada warna putih, maka saya menggunakan icon pick yang diatasnya. sehingga degradasi warna menjadi dari transparan putih ke hitam.

Agar lebih maksimal hasilnya. sobat bisa menambahkan batas pada bagian mana saja yang ingin diberikan gradient transparant. dibawah saya menambahkan satu pembatas dengan opacity 100%. maka transparansi warna putih terbatas sampai dibawahnya. selanjutnya warnanya normal.

Memilih Gradient bawaan photoshop. jika menginginkan gradient yang cepat. sobat bisa gunakan pilihan yang sudah ada photoshop. klik icon roda gigi dibagian kanan Preset – Kemudian pilih salah satu kolesi gradientnya. favorit saya adalah Gradient warna pastel.

Baca juga : Pengertian warna pastel dan contohnya

Sekarang saya akan mencoba membuat gradient dilembar kerja sesuai yang sudah dibuat diatas. kita menggunakan gradient  dengan susunan  Hitam – Merah – Putih.

Menggunakan Gradient Fill Photoshop

Dalam photoshop, kita juga bisa memanggil gradient melalu menu Layer – New Fill layer – Gradient. masukkan nama Layer gradient kemudian Ok.

Maka tampilannya akan seperti dibawah. layer gradient akan tercipta ( berdiri sendiri ). fiturnya tidak beda jauh dengan Gradient editor. namun bedanya Gradient fill ini tidak bisa dibentuk dengan garis gradient, jadi untuk kemiringannya kita gunakan Angle. Scale berfungsi memberikan nilai kepatan degradasi warnanya. jika nilainya nol, maka tidak akan ada degradasi warna. Reverse berfungsi memutar balik susunan warna, jika hitam ke putih maka akan beruah menajdi putih ke hitam.

Gambar dibawah saya sudah membuat Angle menjadi  110 derajat, maka gadient kita langsung terputar. lalu saya Ceklis Reverse, maka warna hitam yang tadinya berada dibawah sekarang langsung berada diatas warna putih.

Nah sekarang sobat pasti sudah mengerti fungsi pengaturan gradient photoshop. jadi sudah bisa menggunakan gradient photoshop untuk membuat sesuatu. paling tidak jadikan gradient sebagai background.

sumber : https://www.grafis-media.website

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker