How to Make Compliments (in Bahasa)

10 Agustus 2017

Hi everyone!

What a nice shirt you wear, Febri!

Do you know what kind of expression is it?Ya, that’sright,itu ungkapan compliment. Today, we are going to learn compliment. From the example above, we know that compliment is ‘pujian’. Compliment is an expression to appriciate or praise other people. Compliment is useful to give encouragement so that people will keep on doing their best and even improve their performance.

Jadi compliment itu sebuah ungkapan untuk mengapresiasi atau memuji orang lain. Compliment ini berguna untuk memberikan dorongan atau semangat sehingga orang tersebut akan terus melakukan hal terbaiknya dan bahkan meningkatkanya agar lebih baik lagi. Bisa dipahami yah, oke.

Kapan sih kita bisa gunakan ungkapan compliment ini? Pada situasi bagaimana?

Nah, ungkapan compliment ini bisa kita gunakan pada:

  1. Kesempatan umum (on general occasion)

For example, dalam kegiatan harian kalian di sekolah, kalian melihat salah satu teman kalian, sebut saja Raisa. Dia mengenakan kacamata (kaca mata biasa yah, biar ga kena radiasi lama-lama didepan latop, bukan sunglasses), yang biasannya tidak pake kacamata. Nah pada kesempatan umum seperti ini kalian bisa mengungkapkan compliment ke Raisa.

e.g. ‘you look so pretty wearing that glasses, Raisa’

e.g. ‘what a nice glasses you wear, Raisa’

e.g.’you look gorgeous wearing that nice glasses, Raisa’

  1. Ketika seseorang telah melakukan hal terbaiknya

(when someone has done his/her best)

Semisalnya, ada teman kalian mendapatkan gelar juara pada kompetisi paduan suara. Kalian bisa mengungkapkan compliment tentunya.

e.g. ‘what a wonderful choir performance!’

e.g. ‘I must express my admiration to you all, your performance is amazing’

e.g. ‘Great job’

  1. Ketika kalian mengunjungi rumah seseorang untuk pertama kalinya

(when you visit someone’s house for the first time)

Klo kalian pasti pernah main dan mungkin sering main ke salah satu temen kalian. Nah kalian dapat mempraktikan ungkapan ini ketika kalian mengunjungi rumah temen kalian untuk pertama kalinya.

e.g. ‘what a compfortable house’

e.g. ‘what a nice house’ or ‘you have nice house, Isyana’

 

Apakah ada situasi yang lain dimana kalian bisa mengungkapkan compliment kepada seseorang? Please comment below!

Ungkapan compliment ini umumnya menggunakan kata sifat (adjective), seperti pretty (cantik) untuk perempuan, handsome (ganteng) untuk laki-laki. Kalian juga bisa menggunakan kata benda (noun). Compliment ini langsung ditujukan lawan bicara kalian, orang pertama kepada orang ketiga; saya ke kamu. Berikut format membuat ungkapan compliment dengan kata sifat (adjective) dan kata benda (noun):

Compliment with adjective

you + look + adjective

 

e.g. ‘you look pretty’ (for girl or women)

      ‘you look gorgeous’ (for girl or woman)

       ‘you look handsome’ (for boy or man)

       ‘you look charming’ (girl/woman/boy/man)

Compliment with noun

You + look like + noun

 

e.g. ‘you look like Angelina Jolie’

       ‘you look like Song Hyo Kyo’

       ‘you look like Andrew Garfield’

       ‘you look like Song Joong Ki’

 

Bagaimana mudah bukan? Hal yang pertama ketika kalian ingin membuat ungkapan compliment kalian harus tahu dan ingat kata sifat (adjective) yang akan kalian gunakan. selanjutnya tinggal menambahkan kata you + look didepannya. e.g. ‘you look awesome’. Untuk ungkapan compliment dengan kata benda (noun)itu termasuk memuji dengan sedikit guyonan tapi nyata pujian tersebut. Maksud mr itu bukan berarti meledek, atau ungkapan yang maknanya berbalik seperti majas dalam Bahasa Indonesia. Kalian bisa gunakan contoh compliment tersebut untuk memuji.

 

Ok, selain menggunakan format di atas, kalian bisa menggunakan kata what ditambah dengan prasa kata sifat (adjective phrase). Contoh prasa kata sifat itu seperti nice dress, beautiful eyes, comfortable house, dan lain sebagainya. Berikut format membuat ungkapan compliment dengan prasa kata sifat (adjective phrase).

 

what + article ‘a’ + adjective phrase

 

e.g.’what a wonderful performance you play guitar, Mr. Ucke’

‘what a nice dress’

‘what a cool bike you ride’

 

Terkadang ungkapan compliment tidak selalu dengan format yang mr sudah terangkan. Contohnya, you may give compliment by saying ‘great job’, or ‘good’, or ‘you have a good talent in painting’, or ‘you are so pretty’ or ‘I love what you’ve done with your hair’. Ungkapan-ungkapan tersebut juga temasuk dalam compliment. So, apapun kalimatnya jika kalimat tersebut bermakna pujian atau ditujukan untuk memuji seseorang, apapun yang dipujinya, hal itu sudah termasuk ungkapan compliment. Can you get it? I hope you understand today lesson. If you have any question about compliment, please comment below or ask me if you meet me.

I think enough our English lesson for now, keep learning and practice English any where and anytime.  Thank you, see you!

 

References

Widiati, Utami. Rohmah, Zuliati. Furaidah. 2014. Bahasa Ingris. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Lucy. 2016. British English Speaking Practice: How to Give Compliments. Youtube. [available at https://www.youtube.com/watch?v=obbwty0GetA] [retrieved on 08/10/2017]

Article Categories:
Materi Sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *