Oleh Dodi Mawardi disarikan dari hasil tulisan David Ogilvy (praktisi periklanan pendiri agensi iklan Ogilvy) dengan beberapa penambahan dan pengurangan.
Pengantar: Iklan radio bukanlah produk hiburan atau seni semata, melainkan juga sebuah medium informasi. Maka iklan akan punya nilai tinggi di telinga pendengar jika:
– Mampu menjual atau berdaya jual.
– Harus kreatif tapi bukan sekedar kreatif belaka.
Inti dari iklan adalah:
Menjawab kebutuhan apa yang akan disampaikan oleh pesan tersebut.
Yang perlu dirumuskan:
Sebuah pesan tunggal
Elemen produk yang akan ditekankan untuk penyampaian pesan.
Patokan Umum Sebuah Iklan Radio:
Bahasa iklan harus berbicara dalam bahasa pelanggan
Kreativitas yang unggul muncul dari pemahaman yang baik mengenai pelanggan dan membahasakannya dari sudut pandang konsumen
Iklan berbicara apa yang hendak dikatakan oleh konsumen
Konsep iklan yang berhasil adalah konsep yang menyuarakan pernyataan kosumen
INGAT RUMUSAN INI:
A I D C A (Attention – Interest – Desire – Conviction – Action)
Attention
Iklan radio harus menarik perhatian audiens sejak detik pertama terdengar.
Agar iklan dapat menarik perhatian, beberapa hal harus diperhatikan:
– Durasi.
– Gabungan suara, musik dan vocal.
– Waktu tayang.
Interest
Tugas iklan adalah membuat konsumen jadi berminat dan ingin tahu lebih jauh. Iklan juga harus mampu menggerakkan perhatian konsumen menjadi minat, sehingga timbul rasa ingin tahu secara lebih rinci.
Desire
Iklan harus mampu menggugah keinginan konsumen untuk mengetahui lebih jauh, mencoba merasakan dan menikmatinya. Iklan yang paling bagus sekalipun tidak berguna jika hanya menyenangkan konsumen dengan memberikan kata-kata yang indah atau menggembirakan saja.
Conviction
Iklan harus mampu meyakinkan konsumen bahwa produk yang diiklankan dapat dipercaya. Kepercayaan konsumen merupakan salah satu factor terpenting.
Action
Iklan yang baik mampu menggerakan konsumen untuk segera bertindak (membeli) produk yang diiklankan.
Proses kerja pembuatan iklan
Briefing awal, antara pembuat iklan dengan pemesan iklan.
Perumusan Strategi Kreatif — perumusan strategi yang akan menentukan arah umum sebuah iklan.
Penyusunan Konsep
— inti iklan adalah gagasan yang ada dibelakangnya, apa yang akan dikatakan sebuah iklan kepada khalayak
— konsep iklan merupakan titik pusat iklan tersebut
— sebuah kampanye iklan akan berhasil atau gagal, tergantung pada kekuatan atau kelemahan konsep dasarnya.
Pelaksanaan — kegiatan berlanjut pada proses pembuatan ide dan eksekusi dari konsep.
Memproduksi Iklan Jadi — merupakan proses rekaman, take voice, pemilihan musik, sound effect dll hingga mixing serta penggandaan hasilnya.
Prinsip-prinsip iklan radio:
Keseimbangan: Ilustrasi suara tidak boleh mendominasi isi.
Keringkasan: Iklan harus dapat bekerja cepat, singkat, tajam dan langsung ke sasaran.
Kesederhanaan: Hindari detail (rumit & ruwet)
Earcatching: Mudah didengar dan mudah diingat
Menarik Perhatian: Berani Tampil Beda
Bentuk-bentuk Iklan Jadi :
Spokesperson
Testimonial
Demonstration
Story Line
Direct Product Comparison
Humor
Slice of Life (Before – After)
Customer Interview
Dll.
MENULIS IKLAN RADIO YANG EFEKTIF
– Tuangkan pesan ke dalam kata
Susun gagasan sesuai dengan pesan. Gagasan harus mencerminkan harapan klien kepada calon konsumen/pendengar setelah mendengarkan iklan.
– Sajikan uraian singkat mengenai setiap peran.
Untuk membantu aktor agar menyadari peran yang dimainkan. Jelaskan situasi apa yang diharapkan dalam script,dan bagaimana dia harus berakting.
– Naskah harus sederhana
Susunlah teks iklan dengan bahasa sederhana. Hindarkan argumen dan angka-angka yang membingungkan. Semakin sederhana semakin baik.
– Sajikan dialog secara benar dan nyata.
Sajikan teks iklan dengan kata-kata yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Cara kita berbicara mungkin berbeda dengan cara bicara sasaran pendengar kita, maka pelajari kebiasaan mereka berdialog, dan kata-kata itulah yang kita pilih.
– Ciptakan suasana setting dan hubungan antar peran secara jelas.
Kemukakan keterangan yang menggambarkan setting dan hubungan antar peran dalam iklan. Dapat dilakukan dengan dialog atau sound effect.